SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara
sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan
melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme
kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan
sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian
berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang
menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan pengunjung.
kenapa kita perlu Optimalisasi? Karena tidak mungkin web kita akan muncul di
halaman pertama google tanpa kita sendiri yang mengusahakan. Benarkah demikian??
dan SEO pada website sendiri, itu tidak bisa langsung instans, mungkin Anda baru
menikmatinya 2 – 6 bulan setelah Anda melakukan Optimalisasi terus menerus. Butuh
kesabaran memang, tapi inilah jalan satu-satunya selain melakukan promosi seperti di
Google Adword dsb..
Kegunaan optimalisasi pada web kita juga sudah pasti, yaitu untuk meningkatkan jumlah
pengunjung yang berkunjung di website kita. Semakin banyak pengunjung, akan
semakin banyak peluang keuntungan yang dihasilkan.
Banyak orang yang frustasi karena webnya sama sekali tidak bisa masuk halaman
pertama google. Karena memang hal itu di pengaruhi beberapa faktor diantaranya :
1. Kurangnya pengetahuan akan kata kunci atau Meta keyword
2. Terlalu banyak saingan yang memang sudah ahli dalam hal SEO
3. Kurangnya managemen web.
4. Jarang Update dan jarang pula lihat website sendiri.
5. Terlalu sedikit Informasi yang ada didalam website yang mengandung kata kunci
pencaraian. dsb
2. Mengetahui Kata kunci yang tepat untuk produk Anda
Mengetahui kata kunci apa saja yang biasa digunakan oleh orang untuk mencari produk
Anda itu sangatlah penting, karena akan membantu anda dalam melakukan orpimalisasi
kata kunci pada website Anda.
Berikut adalah langkah – langkahnya agar Anda bisa tepat dalam penerapan kata kunci :
1. Daftar Google Webmaster dan juga Google Analytic dan terapkan sript ke dalam website
2. Kenali produk Anda, dan cobalah jadi pengunjung. Kira-kira kata apa yang akan Anda
ketik di google untuk menemukan produk Anda.
3. Jika Anda mengetik sesuatu Pasti Akan muncul kata yang mengikuti dibawahnya, lihat
gambar :
Yang di BOLD merah adalah kata kunci popular dari pengetikan kata awal. Jadi sudah bisa
ketebak apa saja kata kunci yang biasa digunakan orang untuk mencari produk Anda.
dan kata kunci pencarian ini, terkadang bisa berubah setiap saat apa yang popular, jadi
lakukanlah optimalisasi terhadap semua kata kunci yang ada. Syukur -syukur bisa ada 10-20
kata kunci yang masuk page 1 google untuk website Anda.
3. Optimalkan SEO melalui produk
Banyak cara menuju ROMA, banyak pula cara untuk Optimalisasi SEO didalam website
Anda. Terutama pada produk Anda. Berikut beberapa cara melakukan optimalisasi pada
produk Anda.
1. Buat Judul produk Anda menggunakan kata kunci sebagai dasar judul diikuti dengan Kode
atau jenis produknya missal seperti pada gambar :
Kenapa demikian?? Judul pada produk itu penting, karena produk adalah yang sering dibuka
linknya. Dan Kode dibelakangnya itu lebih penting, karena akan membuat nama yang
berbeda dengan produk lainnya. Dan kesamaan nama bisa berakibat fatal pada website
Anda, karena bisa saja google menilai konten di website Anda jelek.
2. Optimalkan SEO melalui Description Keyword dan meta keyword.
Yang perlu diisi adalah pada field Uraian META dan kunci META saja. Karena judul akan
generate langsung dari judul produk. Dan juga URL yang berkaitan akan generate otomatis.
pada Uraian meta, berikan keterangan yang juga masih mengandung kata kunci, dan
dirangkai secara sistematis agar kata-katanya juga masih tetap nyambung.
Pada bagian kunci meta, isi dengan beberapa kata kunci dipisahkan dengan “ , “ (koma)
missal : baju branded murah, baju korea branded, baju branded grosir, dsb…
3. Mengoptimalkan dari keterangan produk.
Keterangan produk juga mengambil bagian dalam optimalisasi website Anda. Jadi sebaiknya
isi keterangan produk dengan kata apa saja yang masih berkaitan dengan produk Anda
dengan di dukung kata – kata yang mengandung kata kunci seperti pada gambar :
4. Cantumkan tag pada setiap gambar.
isi tag dengan kata kunci sebanyak-banyaknya yang masih berkaitan dengan produk Anda.
5. Melalui Judul gambar, kita juga bisa lebih melakukan optimalisasi ke search engine. Jika
Anda sudah menyimpan pembuatan produk, selanjutnya Anda akan ke halaman upload
gambar.
pada Caption, anda bisa merubahnya dengan kata kunci yang sesuai untuk produk Anda.
Bisa juga diberikan keterangan singkat yang mengandung kata kunci SEO.
4. Optimalkan SEO melalui Kategori
Dalam kategori-pun, kita akan lebih mengoptimalkan pencarian dari search engine seperti
Google, yahoo, bing dsb. Berikut adalah langkah untuk melakukan Optimalisasi search
engine pada kategori produk :
1. Isi Kunci Meta (penerapan kata kunci sama dengan cara yang dijabaekan di produk)
2. Isi Uraian meta (penerapannya sama dengan cara yang dijabaekan di produk)
5. Optimalkan SEO melalui CMS
Pada Prinsipnya, optimalisasinya relative sama, karena hanya melakukan pengisian
terhadap kunci META dan uraian META. Karena memang keduanya itu sangat berpengaru
pada search engine.
Selain itu, pada konten yang di tulis juga berpengaruh terhadap SEO. Jika Anda menulis
sebuah Informasi, cantumkan paling tidak satu atau dua kata yang mengandung SEO ( kalau
bisa masih nyambung dengan informasi yang di tulis )
6. Optimalkan SEO melalui url link
Optimalisasi halaman ini adalah optimalisasi yang paling penting untuk dilakukan, karena
halaman terhubung langsung dengan domain. Untuk melakukannya silahkan mengikuti
langkah dibawah ini :
1. Masuk ke Back Office – Preference – SEO & URLs – Klik icon (di bold kuning) edit pada
Index.php
setelah Anda klik Edit Anda akan masuk ke halaman editing. Isi page title dengan dua atau 3
kata kunci yang paling dominan dalam website Anda. Karena penerapan yang baik hanya 72
huruf saja. Dan Meta description serta meta kata kunci, diisi seperti pengisian pada uraian
META dan kunci META.
7. Optimalkan SEO melalui Sitemap Update
Selain optimalisasi melaui uraian META dan deskripsi META, anda juga diwajibkan untuk
membuka website Anda sendiri setiap hari, buka semua halaman yang Ada. Kalau perlu
kalukan jadwal pagi, siang dan malam..
dan untuk mendukung kata kunci yang sudah Anda terapkan, silahkan Anda menuju Back
Office TokoOnline anda kemudian ke MODULES – SEO – map Situs Google (konfigurasi)
Jika Anda sudah masuk ke halaman Map situs Google, klik Update file Map Situs. Dan
lakukan secara berkala paling tidak 3hari atau seminggu sekali.
Hey Nice Blog!! Thanks For Sharing!!!Wonderful blog & good post.Its really helpful for me, waiting for a more new post. Keep Blogging!
ReplyDeleteSEO company in coimbatore
search engine optimization company coimbatore
web designer in coimbatore
ReplyDeleteThanks for sharing Information to us. If someone wants to know about,I think this is the right place for you!
Android App Development in Coimbatore
Chatbot Development Company
3D Animation Company