Oct 26, 2014

Tips Langkah Awal Memulai Bisnis Online bagi pemula

8:18 PM

Jualan online sekarang sudah menjadi tren tersendiri bagi pelaku usaha khususnya di Indonesia, karena target market yang lebih luas dan managemen yang lebih mudah. system kerjanya yang juga akan lebih santai, sehingga usaha online bisa dijadikan  penghasilan tambahan bagi anda yang masih bekerja / masih sebagai karyawan. 

Dalam langkah awal Anda memulai bisnis online, terkadang muncul berbagai pertanyaan dalam diri Anda seperti:
- Apakah saya akan bisa jalankan bisnis online?
- Saya kan tidak punya basic di komputer atau programmer?
- langkah apa saja ya yang perlu di siapkan?
- Mau jualan apa ya di internet?
- Berapa modal yang saya butuhkan?
- Bingung mau mulai darimana?
- dsb.

Ok! Sekarang kita langsung saja masuk ke langkah-langkah dalam memulai bisnis online.

Langkah Pertama
Siapkan niat tekad kuat kalau Anda akan berhasil dalam bisnis yang akan Anda jalankan, lalu pikirkan Apa yang akan dijual di internet sebagai usaha online Anda.
Sebagai referensi beberapa barang yang bisa Anda jual di internet adalah sebagai berikut:

- Baju / Fashion ( baju muslim, baju casual, baju wanita, baju pria, baju anak dsb)
Usaha baju sangat cocok bagi Anda yang sebelumnya sudah mempunyai toko offline jualan baju, sehingga sudah punya cukup banyak koleksi untuk etalase toko online Anda. kalau nggak punya toko offline dan modal besar, sebaiknya Anda menjadi dropshiper yang menjual produk dari orang lain, sehingga Anda hampir 0% modal untuk menjalankan usaha tersebut.

- Sepatu
Sepatu juga sangat digemari dan banyak memberikan keuntungan, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis sepatu, sebaiknya sebagai awal jualan sepatu Wedges, sport, casual yang sedang tren sehingga akan memberikan progress bagus bagi usaha Anda di awal.

- Jam tangan
Jam tangan KW lebih banyak digemari di internet, hanya saja Anda tidak akan bisa iklan di google jika jualan barang KW, cuma kalau Anda adalah orang yang proaktif, hal itu bukan masalah karena bisa ditopang dari SEO serta keaktifan Anda di sosial media, forum dsb. tapi kalau mau jualan produk ORI, buat tampilan toko online Anda se profesional mungkin agar pengunjung web bisa langsung percaya, karena jam tangan ori kan barang mahal yang bisa bikin pengunjung ragu untuk membeli.

- Jasa
Jualan jasa juga bisa menghasilkan lho, jasa apa aja? bisa jasa buat website, jasa iklan, jasa guide, jasa tiket, jasa design banner, jasa bikin artikel, jasa isi saldo paypal dan jasa-jasa lainnya.

- Jersey bola
Kebanyakan yang jual jersey bola sih jersey KW thailand/grade ori, cuma kelemahannya Anda tidak akan bisa iklan di google jika jual barang KW, jadi sebaiknya jual di berbagai forum seperti kaskus, detik, vivaforum atau sosial media seperti facebook, twitter, instagram dsb. lalu bikin website Anda sebagai etalase agar pembeli lebih mudah dalam memilih produk jersey yang dijual.

- Elektronik
Kalau elektronik ini bisa dikategorikan sebagai bisnis pemodal yang lumayan besar, karena tahu sendiri kan harga TV, mesin cuci, radio, satuannya berapa? :D, jadi kalau Anda sebagai pemodal kecil sebaiknya jangan ambil bagian ini, kecuali Anda bisa mencari partner toko elektronik untuk jualan.

- Properti
Properti disini bisa jual rumah (rumah sendiri, rumah tetangga, rumah orang lain, asal jangan rumah keong ya :D), lalu kursi kantor, meja kantor, hiasan rumah dsb.

- Aksesoris
Jualan aksesoris juga bisa, seperti jualan kalung, cincin emas, anting, dsb baik dari emas, perak, model atau bahan lainnya. jepit rambut dan hiasan jilbab juga bisa.

- Lain - lain
Kalau menurut Anda ada yang bisa dijual dan menghasilkan bisa Anda coba, seperti jualan bibit tanaman, bibit ikan, bibit belut, sayuran dsb.

Nah sudah lumayan tahu kan apa saja yang bisa Anda jual di internet?

Lanjut ke Langkah Kedua
Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah Membuat Website toko online atau membuat fanpages facebook, akun kaskus, akun tokobagus, akun twitter, akun instagram, beli Smartphone Android/Blackberry (kenapa harus beli? bair bisa online gampang lah.. ).

yang akan kita bahas di langkah kedua adalah membuat website toko online, karena website toko online akan memudahkan pembeli memilih produk yang Anda jual.
Untuk membuat domain, yang dibutuhkan adalah Domain dan Hosting.

Apa itu Domain? apa itu hosting?
Domain itu adalah nama untuk toko online Anda.misal: www.usahaanda.com
lalu hosting adalah tempat penyimpanan file website Anda, kalau diibaratkan seperti hardisk untuk menyimpan file website Anda.

Lalu bagaimana cara membuat website toko online?
Untuk membuat website toko online, Anda memerlukan platform cms yang bisa digunakan untuk membangun toko online Anda seperti prestashop, oscommerce, magento, dsb. kalau gak mau repot-repot setting webnya sih sebaiknya pembuatan website toko online diserahkan ke ahlinya seperti di Jonniesstore.com, jadi Anda sudah terima beres toko onlinenya sudah siap dipakai buat jualan.

Langkah Ketiga
Langkah ketiga adalah Anda tinggal melengkapi toko online/sosial media/thread di forum dengan produk yang akan dijual. usahakan isi konten, keterangan produk atau informasi lainnya bukan hasil dari copas dari website lain ya, kalaupun copas ubah beberapa kata-kata agar tidak terkesan menyontek. karena hal ini akan berpengaruh pada SEO website toko online anda di search engine.
selanjutnya, Anda bisa promosikan website melalui iklan, forum-forum, sosial media, banner, iklan baris dsb.

Langkah Keempat
Langkah keempat adalah langkah bagaimana Anda bisa melakukan managemen terhadap bisnis Anda, layani pelanggan dengan baik agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, karena bisnis online merupakan bisnis yang lahir dari kepercayaan, sehingga kalau pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan senggaknya mereka akan kembali lagi bahkan dengan pasukan yang mereka bawa.. ^_^

Langkah Kelima
Jangan lupa selalu aktif dalam bersosialisasi, terutama sesama pebisnis online, karena akan memberikan Anda berbagai ilmu dalam mengembangkan usaha lebih baik. selain itu, jangan ragu mencari mentor yang bisa membimbing Anda untuk membangun bisnis online yang dijalankan. ^_^

Sekian dulu tips dari saya..
Semoga bermanfaat

Di tulis oleh

Terimakasih sudah berkungjung di Blog kami, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 Tutorial Prestashop dan Artikel Bisnis Online . All rights resevered.

Back To Top